13/01/2017
Produk dan Jasa Menurut ISO 9001:2015
Produk dan jasa
ISO 9001 :2008 menggunakan istilah "produk" untuk memasukkan semua kategori output. Edisi standar ini menggunakan "produk dan jasa".
lstilah "produk dan layanan" mencakup semua kategori keluaran (perangkat keras, layanan, perangkat I unak dan bahan olahan).
Dimasukkannya spesifik "layanan" dimaksudkan untuk menyoroti perbedaan antara produk dan jasa dalam penerapan beberapa persyaratan. Karakteristik layanan adalah bahwa setidaknya sebagian dari output diwujudkan pada antarmuka dengan pelanggan. lni berarti, misalnya, bahwa sesuai dengan persyaratan dapat belum tentu dikonfirmasi sebelum pelayanan.
Dalam kebanyakan kasus, produk dan jasa yang digunakan bersama-sama. Kebanyakan output yang menyediakan organisasi untuk pelanggan, atau dipasok kepada mereka oleh penyedia eksternal, mencakup produk dan jasa. Misalnya, produk berwujud atau tidak berwujud dapat memiliki beberapa layanan terkait atau layanan dapat memiliki beberapa terkait produk berwujud atau tidak berwujud.